Apa Sajakah Gejala Umum PTSD? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Secara umum, PTSD disertai dengan mimpi buruk, sulit tidur, susah berkonsentrasi, perasaan yang terisolir, dan emosi yang tidak stabil. Hal ini juga cenderung mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang, baik bagi dirinya sendiri, maupun orang-orang di sekelilingnya.

Gejala umum PTSD yang dialami setiap pengidap memang berbeda-beda dan bisa muncul dalam kurun waktu yang berbeda pula. Dilansir dari halodoc.com, umumnya gangguan PTSD ini akan muncul satu bulan setelah mengalami kejadian. Pada kasus yang jarang, gejalanya akan dialami seseorang setelah kejadian dan bisa juga dialami setelah berbulan-bulan, bahkan hingga bertahun-tahun. Inilah berbagai gejala yang bisa dialami penderita PTSD.

  1. Selalu Terbayang Kejadian Penyebab Trauma
Image result for PTSD

Munculnya gejala umum PTSD memang dipicu oleh perasaan trauma karena sesuatu hal. Banyak kejadian traumatis yang bisa menyebabkan seseorang sampai mengalami post traumatic stress disorder. Peristiwa tersebut memang tergolong mengerikan, menakutkan, ataupun membuat seseorang tersebut terluka.

Kondisi traumatis akan berkembang menjadi PTSD ini ketika seseorang tersebut selalu terbayang dengan kejadian penyebab trauma. Apabila sering terbayang dengan kejadian yang menyebabkan trauma, tentu saja kondisi psikisnya tidak stabil dan mengarah pada kondisi stres yang lebih parah.

  1. Menjauh dari Kehidupan Sosial

Kodrat manusia memang sebagai makhluk sosial. Akan tetapi, lain halnya ketika seseorang sedang mengalami perasaan yang tidak baik karena kondisi psikisnya sedang terganggu. Salah satu perilaku yang menunjukkan gejala umum PTSD adalah penderitanya yang menjauh dari kehidupan sosial.

Seseorang yang sedang mengalami gangguan mental berupa stres yang berkepanjangan dan guncangan traumatis tentu akan cenderung menyendiri. Mereka tidak akan suka keramaian dan ingin membatasi aksesnya dengan orang lain. Timbul perasaan tidak tenang dan cemas yang membuatnya menjaga jarak dari orang lain.

  1. Emosi Lebih Intens

Emosi seseorang memang dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah kondisi psikis yang terguncang karena kejadian traumatis. Seseorang menjadi lebih mudah tersulut emosinya setelah mengalami suatu kejadian traumatis. Tak hanya itu, emosinya juga lebih sering muncul dan tidak terkontrol. Hal ini menyebabkan kondisi hatinya tidak tenang.

  1. Mudah Terkejut

Gejala umum PTSD berikutnya yang bisa dikenali adalah mudah terkejut. Seseorang yang tengah mengalami post traumatic stress disorder ini menjadi lebih mudah terkejut dengan sesuatu hal, terlebih yang terkait dengan hal yang membuatnya trauma. Kondisi ini dipicu oleh perasaannya yang sebelumnya mengalami kejadian traumatis hingga membuatnya terkejut dan terguncang hingga mengalami gangguan ini.

  1. Sulit Berkonsentrasi

Jangankan mengatur konsentrasi dan menjaganya tetap baik, seseorang yang mengalami PTSD sudah sulit dalam mengatur kondisi emosinya. Seseorang yang mengalami gangguan akibat kejadian traumatis ini akan lebih sulit berkonsentrasi. Kondisi ini membuatnya susah memfokuskan diri pada suatu hal dan membuatnya lebih sulit dalam beraktivitas tentunya.

  1. Mengalami Gejala Fisik Tertentu

Gejala umum PTSD juga berupa timbulnya gejala fisik tertentu berupa percepatan denyut jantung, tekanan darah tinggi, dan perasaan cemas. Penderitanya juga mengalami perasaan yang tidak tenang. Berbagai gejala fisik yang dialami penderita ini membuatnya tidak nyaman saat melakukan aktivitas, terutama aktivitas berat yang bisa memperparah kondisi jantungnya. Kondisi ini harus segera ditangani agar tidak berkepanjangan.

Demikianlah berbagai gejala umum PTSD yang dapat dialami penderitanya. Gejala yang muncul memang bervariasi, sesuai dengan skala stres yang dialami penderita. Jika ada anggota keluarga yang mengalami gejala-gejala seperti yang telah disebutkan tadi, sebaiknya segera melakukan langkah medis dengan membawanya ke dokter.

Sumber artikel:

www.halodoc.com

portal.axa.co.id

www.honestdocs.id

www.sehatq.com

Sumber gambar:

www.promisesbehavioralhealth.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>